LBH Keadilan Harap Anggaran Dana Bantuan Hukum Tepat Sasaran

Pengesahan raperda di DPRD Kota Tangsel. Pengesahan raperda di DPRD Kota Tangsel. Hendra

Detaktangsel.com SERPONG-Pasca disahkannya Peraturan Daerah (Perda) Penyelanggaran Bantuan Hukum oleh DPRD dan Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) Senin (27/11/2017 kemarin, cukup mendapat respon positif dari sejumlah kalangan. Sebab, saat ini masyarakat miskin Kota Tangsel sangat menanti realisasi dari regulasi untuk membantu kebutuhan masyarakat dalam hal perlindungan dan pendampingan hukum secara gratis.

Ketua Pengurus Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Keadilan, Abdul Hamim Jauzie, adanya pengesahkan regulasi tersebut, maka Pemkot Tangsel harus segara menyusun anggaran terkait Perda itu kemudian memasukannya kedalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018. "LBH Keadilan meminta agar Pemkot Tangsel membuat peraturan turunan dari Perda tersebut dan kemudian menganggarkannya dalam APBD 2018. Tujuannya agar masyarakat Tangsel segera merasakan manfaat dari Perda ini,” katanya di Serpong, Selasa (28/11/2017). 

Hamim juga mengatakan, LBH Keadilan berpendapat bahwa Perda tersebut harus segera diimplementasikan pada 2018. Pemkot Tangsel, Hamim jelaskan, harus bekerja cepat untuk mewujudkan impian masyarakat miskin yang berhadapan dengan hukum dalam memperoleh keadilan. "Jika tidak, maka Pemkot Tangsel sama saja menghalangi masyarakat miskin memperoleh keadilan,” terangnya seraya mengapresiasi penandatanganan persetujuan Perda tersebut antara DPRD dengan Pemkot Tangsel.

LBH Keadilan juga mengingatkan, agar Perda Bantuan Hukum tidak semata hanya sebatas kebijakan saja, maka anggaran bantuan hukum dalam APBD 2018 angkanya harus memadai. Jika tidak memadai, maka sama saja seperti Perda Bantuan Hukum Provinsi Banten yang hanya kebijakan di atas kertas karena menganggarkan dana bantuan hukum sangat tidak memadai.

"Tentunya dengan anggaran yang proporsional, agar benar-benar bisa memberikan manfaat besar bagi masyarkat miskin Kota Tangsel, apa lagi kita sama-sama tahu bahwa porsi anggaran Kota Tangsel cukup besar,” tandasnya.

Baca juga: DPRD Tangsel Sahkan Empat Raperda

 

Go to top