Libatkan 100 Orang Relawan, KPU Tangsel Pastikan Surat Suara Di Lipat Pekan Ini

detaktangsel.com SERPONG--Pasca kedatangan surat suara Pilkada Gubernur Banten ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis (18/1) pekan kemarin, KPU setempat bakal melakukan simulasi pelipatan surat suara.

Hal itu dilakukan untuk mengetahui seberapa lama waktu yang akan digunakan untuk proses pelipatan surat suara oleh para relawan yang akan dilibatkan dalam melipat surat suara tersebut.

"Selain itu, untuk proses pasca pengepakan surat suara itu rapih nggak jika di muat ke dus bawaan pabrik. Karena plastik bawaan pabrik yang ada di dus surat suara biasanya tidak muat untuk memuat surat suara yang sudah di lipat," kata Ketua Pokja Divisi Logistik KPU Tangsel, Sam'ani di Serpong, Senin (23/1/2017)

Sementara untuk proses pelipatan surat suara Pilgub Banten, Sam'ani mengatakan bahwa surat suara yang kini tersimpan di GOR Kecamatan Pondok Aren dengan jumlah mencapai 9000 lebih itu, akan dilakukan mulai tanggal 26 Januari dan di target akan selesai pada 31 Januari nanti.

"Kita libatkan 100 orang relawan untuk melipat surat suara. Mudah-mudahan tanggal 26 Januari ini sudah dikerjakan," katanya menambahkan.

Sementara Ketua KPU Tangsel, M Subhan menjelaskan bahwa setelah surat suara selesai di lipat, pihaknya akan membuatkan berita acara pemeriksaan (BAP) untuk selanjutnya dilaporkan ke KPU Provinsi Banten. Dia juga belum bisa memastikan apakah surat suara yang dikirim langsung dari pabrik itu ada yang rusak atau tidak.

"Kalau sekarang saya belum tahu apakah ada surat suara yang rusak atau tidak. Nanti kalau ada yang rusak akan kita buatkan berita acara pemeriksaannya untuk dilaporkan ke KPU provinsi," singkat dia.

Kepala Divisi Teknis KPU Provinsi Banten, Syaiful Bahri mengaku bila pihaknya telah menginstruksikan kepada KPU Kota/Kabupaten yang ada di Provinsi Banten sudah menemukan beberapa lembar surat suara Pilgub Banten yang rusak. Hal itu terungkap setelah beberapa KPU Kota/Kabupaten melakukan penyortiran terhadap surat suara tersebut.

"Empat KPU di kota dan kabupaten sudah lakukan sortir dan ditemukan surat suara yang rusak, semua yang rusak akan di ganti," ungkapnya.

Saat ini, Syaiful menerangkan, tinggal Kabupaten Serang saja surat suara Pilgub Banten yang belum di distribusikan. Rencananya, Senin besok (hari ini) surat suara tersebut di didistribusikan ke KPU Kabupaten Serang.

"Hari ini hampir semua sudah didistribusikan, tinggal Serang aja. Senin baru dilakukan pendiatribusian surat suara tersebut," tandasnya

« January 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31        

Cuaca

Jakarta, Indonesia
JSN_PAGEBUILDER_ELEMENT_WEATHER_HAZE
25.2°C (26°C 22°C)

Go to top