Ponpes Assa’adah Jajaki Eskul Jurnalistik

SETU- Untuk meningkatkan kreatifitas santri, Pondok Pesantren  Assa’adah berencana akan melakukan program ekstrakurikuler (eskul) jurnalistik bagi para santrinya.

Seperti diketahui, ponpes yang beralamat  ditengah komplek Perumahan  Puri Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) itu, saat ini dihuni lebih kurang 200 santri dari berbagai daerah.

Pengasuh Ponpes Assa’adah, KH Ahmad Ghozali kepada detaktangsel.com mengatakan, kegiatan eskul jurnalistik kepada santri bertujuan agar mereka yang sedang menuntut ilmu di Ponpes Assa’adah bisa meningkatkan kreatifitas membuat karya tulis dan bisa menggali potensi dirinya didunia jurnalistik.”Saya ingin para santri dapat berdakwah melalui lisan dan juga tulisan,” kata KH Ahmad Ghozali yang akrab dengan sapaan ‘Abah’,Rabu(27/11/2013).

Selanjutnya dikatakan, sebelum Ponpes Assa’adah memiliki media cetak sendiri yang dikelola para santri. Jika sudah menguasai ilmu jurnalistik ,secara bertahap Abah menginginkan karya santri dapat ditampilkan di majalah dinding (mading).”Untuk tahap awal, mading bisa menjadi sarana santri menampilkan karya tulisnya,” jelas Abah.

Mading merupakan sarana awal mengevaluasi tulisan santri sebelum dipublish. Kedepannya santri bisa menerbitkan sejenis bulletin, “Pesantren adalah lembaga non profit yang tidak memiliki modal besar untuk sebuah penerbitan. Semua pengabdian yang dilakukan adalah untuk profit ukhrowi, makanya perlu perjuangan,” paparnya.

Media cetak  menurut Abah tidak hanya berfungsi sebagai lembaga bisnis, tapi bisa menjadi sarana dakwah. Oleh karenanya, penting bagi santri untuk menguasainya. Sementara bagi lembaga pesantren, kharisma seorang pemimpin merupakan ‘media bathin’ untuk menarik simpati umat. “Kharisma seorang kyai di sebuah lembaga pondok pesantren secara tidak langsung menjadi  sarana promosi. Selain keberadaan media lahir, media bathin bisa menarik simpati umat,” pungkasnya. (MLN)
 

« January 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31        

Cuaca

Jakarta, Indonesia
Partly Cloudy
26°C (26°C 22°C)

Go to top