Indomaret Tangerang 2 Dan Bazis Jakarta Barat Ajak Pelaku UMKM Tingkatkan Wawasan

detaktangsel.com JAKARTA – 200 pelaku UMKM yang berdomisili di Jakarta Barat, menghadiri seminar umum dengan tema Pemberdayaan dan pembangunan umat dengan meningkatkan kualitas UMKM dalam menghadapi pasar global. Acara ini digelar di Ruang Serbaguna Ali Sadikin, Kantor Walikota Jakarta Barat, Selasa (20/12/2016).

Dalam sambutannya, Walikota Jakarta Barat HM Anas Efendi mengaku sangat mendukung program seminar UMKM hasil kerjasama antara Indomaret Tangerang 2 dan Badan Amil Zakat Infaq dan Shadakah (Bazis) Jakarta Barat. Karena, seminar ini sarat dengan wawasan ilmu dan strategi dagang yang sangat dibutuhkan para pelaku wirausaha.

"Saya sangat senang sekali dengan diadakannya seminar UMKM ini. Saya harap kedepannya semakin banyak para pelaku UMKM yang melakukan usahanya di kawasan Jakarta Barat. Tentu saja hal ini memberikan kontribusi positif dalam pembangunan perekonomian di Jakarta Barat," kata Anas.

Kepala Bazis Jakarta Barat, Jamhuri menjelaskan, sekitar 200 pelaku UMKM mengikuti seminar ini, 100 peserta hasil binaan UMKM Indomaret yang berdomisili di Jakarta Barat, dan 100 peserta lagi UMKM hasil binaan Sudin UMKM Kop Jakarta Barat.
Seminar UMKM ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan para penggiat usaha dalam melakukan ikhtiarnya. Dari wawasan tentang managemen dagang, strategi dagang hingga persiapan berkompetisi dalam menghadapi pasar global.

"Kita persiapkan semua materi yang dibutuhkan untuk pendewasaan para pelaku usaha dalam melaksanakan ikhtiarnya. Jadi diharapkan, kedepannya para pelaku usaha mampu berkompetisi menghadapi pasar global," jelas Jamhuri.

Jamhuri melanjutkan, dalam seminar ini juga, masing-masing pelaku usaha akan diberikan modal usaha senilai Rp1 juta. Yang mana dalam perjalanannya mendapatkan keuntungan, para pelaku usaha menyetorkan senilai 2.5 persen dari modal usaha tadi ke Bazis.

Sementara Branch Manager Indomaret Tangerang 2, Boni Indra menerangkan, seminar ini merupakan kegiatan CSR dari Indomaret dan Bazis Jakarta Barat dalam mendukung para pelaku UMKM meningkatkan kompetensi usahanya. Diharapkan hasil dari seminar ini, para pelaku usaha UMKM binaan Indomaret dan binaan Sudin UMKM Kop Jakarta Barat mendapatkan kepercayaan yang lebih baik lagi dari masyarakat.

"Kedepannya, saya berharap agar para pelaku usaha semakin berkembang usahanya dan kedepannya pelaku UMKM dapat berkompetisi di pasar global," tandasnya.

Go to top